Antara News Agency
Previous Next
Antara News Agency

Agencies    Antara News Agency


Antara - PR Wire

PR Wire adalah bagian dari Kantor Berita Nasional Antara, pemasok berita terkemuka di Indonesia.

PR Wire didirikan sebagai suatu unit bisnis untuk menyebarkan press release ke media pelanggan Antara di seluruh Indonesia yang berjumlah lebih dari 100 suratkabar, majalah, radio dan stasiun televisi, serta media dot.com, di samping juga ke puluhan perwakilan media asing di Jakarta.

PR Wire merupakan satu-satunya layanan penyebaran press release yang menawarkan penyampaian berita langsung ke komputer media pelanggan Antara. Selain itu PR Wire juga menyiarkan berita foto.

Press release yang disiarkan melalui jaringan pemberitaan Antara secara otomatis juga ditempatkan di website Antara.

Berita yang diterima dalam bahasa Inggris, setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia segera disebarkan ke seluruh media pelanggan Antara. Lamanya waktu penterjemahan dua jam untuk 500 kata. Terjemahan tersebut juga kemudian dikirim ke pusat operasional AsiaNet di Sydney, Australia, untuk dimuat di situs AsiaNet.

Dengan dukungan redaksi Antara, unit ini beroperasi dari Senin sampai Jumat, pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Kantor tutup pada akhir minggu dan hari libur nasional, kecuali ada permintaan khusus untuk menangani release yang tidak dapat ditunda penyiarannya.

Kantor Berita ANTARA

Alamat:
Kantor Pusat:
Jalan Antara Kav. 53-61
Pasar Baru
Jakarta Pusat, 10710
Kantor Operasional:
Jalan Cikini IV No. 11
Jakarta Pusat, 10350
Indonesia

Kontak:
Prima Satya
Adityawarman

Email:
primasatya.antara@gmail.com
adityawarman.antara@gmail.com

Website:
www.antaranews.com
Latest Press Release
Pekerja mengecat gedung Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Pekerja mengecat gedung Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara di Pasar Baru, Jakarta, Rabu (14/8/2019).
ANTARA News

ANTARA bangun kompleks jurnalistik moderen

Jakarta (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA akan membangun sebuah kompleks jurnalistik moderen di kawasan bersejarah Pasar Baru, Jakarta Pusat, yang diharapkan dapat menjadi wajah jurnalisme perjuangan dan wadah komunitas dalam mewarnai perkembangan dunia jurnalistik Indonesia.

"Ground breaking akan dilakukan pada 13 Desember 2022, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-85 Kantor Berita ANTARA," kata Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat, di Jakarta, Ahad.

Hal itu terkait rencana perpindahan kantor pusat Perum LKBN ANTARA dari Wisma ANTARA ke Kompleks Pasar Baru.

Perum LKBN ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 oleh empat sekawan yaitu Adam Malik, AM Sipahoetar, Soemanang, dan Pandoe Kartawigoena, sebagai sarana menyuarakan perlawanan dan perjuangan melawan penjajah.

Pemikiran moderen dan visioner dari empat sekawan itu saat mendirikan ANTARA menjadi inspirasi dari desain kompleks jurnalistik moderen tersebut, yang merupakan revitalisasi gedung bersejarah dari Perum LKBN ANTARA yang terletak di Jalan Antara, Pasar Baru, lokasi di mana 77 tahun lalu berita “Indonesia Merdeka” diselinapkan untuk disiarkan markonis ke seluruh penjuru oleh wartawan ANTARA.

“Perum LKBN ANTARA ‘kundur’ dengan membangun ikon baru yang mencerminkan transformasi sebuah kantor berita abad 21,” kata Meidyatama.

Ia menambahkan, ikon baru itu juga diharapkan menegaskan marwah pengabdian untuk Indonesia yang sudah ditunjukkan ANTARA bahkan sejak sebelum berdirinya Republik.

Perjalanan panjang ANTARA selama 85 tahun mengabadikan setiap peristiwa yang mendewasakan Republik akan memperoleh tempat terhormat dalam detil desain kompleks jurnalistik moderen itu yang akan merujuk pada fungsi yang ramah publik dan ramah lingkungan.

Selain itu, ikon baru ini dipastikan juga akan menjadi representasi sebuah upaya pelestarian sejarah, baik secara fisik maupun filosofis dalam arsitektur kontemporer yang menggarisbawahi transisi bangunan bersejarah menuju bangunan kontemporer mengingat lokasinya yang terletak di salah satu kawasan dengan banyak simbol sejarah atau budaya Jakarta, seperti Masjid Istiqlal, Katedral Jakarta, Gedung Kesenian Jakarta dan Kompleks Pos Bloc.

“Kami bercita-cita bahwa kompleks jurnalistik moderen di Jalan Antara ini menjadi ikon jurnalisme dan pemicu revitalisasi kawasan historis Pasar Baru,” katanya.

Kompleks jurnalistik moderen ini, menurut Dirut LKBN ANTARA, akan terdiri dari dua bagian yaitu gedung bekas Aneta yang sudah tidak difungsikan selama 30an tahun terakhir dan gedung Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) yang selama ini difungsikan sebagai tempat untuk mewadahi pameran atau apresiasi seni dari komunitas foto-jurnalistik dan lainnya.

Ia menjelaskan, bekas gedung Aneta akan direvitalisasi sebagai sebuah ruang redaksi konvergensi yang tidak hanya menjadi tempat diabadikan dan didesiminasikannya perjalanan bangsa ke publik namun juga sebuah laboratorium pembelajaran bagi seluruh entitas yang peduli dengan perkembangan jurnalisme Indonesia.

Sementara itu gedung GFJA diproyeksikan untuk tidak hanya menjadi museum dan galeri untuk menampilkan hasil karya jurnalistik dan seni namun juga mewadahi diskusi dan dialog komunitas, baik tentang jurnalisme dan segala tantangannya di masa depan ataupun sarana menjembatani lahirnya gagasan atau pemikiran yang akan membawa perbaikan bagi negeri.

Sebelumnya, selain menempati gedung GFJA di Kawasan Pasar Baru, sebagian besar operasional Perum LKBN ANTARA berada di Wisma Antara yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Proses revitalisasi gedung bersejarah ANTARA tersebut dilakukan setelah penjualan Wisma Antara ke PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) atau BSI oleh PT Mastindo Mulia dan Perum LKBN ANTARA pada 19 September 2022.